Install Mikrotik Router OS di Virtual Box

Mikrotik adalah sistem operasi berbasis Linux yang dibundel dengan banyak seperti router, wireless hotspot, bandwidth manager dan banyak lagi. Hal yang membuat lebih menarik adalah harganya yang jauh lebih murah daripada software router lainnya .

Untuk menguji Mikrotik, Anda dapat men-download file iso dan menginstalnya pada PC atau laptop, Kemudian Anda perlu membeli lisensi untuk membuatnya dapat digunakan permanen ( full version ) . Jika tidak akan berakhir dalam 24 jam ( atau cari yang udah ada cracknya ).

Cara termudah untuk menguji mikrotik tanpa membeli lisensi tersebut menggunakan mesin virtual.
Tutorial ini akan menunjukkan cara untuk menginstall Mikrotik di VirtualBox yang dikembangkan oleh Sun Microsystem.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Download Mikrotik iso file di website di sini. Simpan dalam hard disk Anda dan boot langsung sehingga tidak perlu membakar ke CD/DVD

2. Jalankan  VirtualBox. Klik Machine > new (Ctrl + N) untuk membuat mesin virtual baru melalui Virtual Machine Wizard. Kemudian klik Next.

3. Pada Nama VM dan OS jendela Jenis, masukkan “Mikrotik” di bawah Nama.Dalam OS Type, pilih Linux sebagai Sistem Operasi dan Linux lain sebagai Versi, kemudian klik Next.

 

4. Untuk alokasi memori ke mesin virtual, isi RAM standar (256 MB) dan kemudian klik Next.


5. Pada Virtual Hard disk, periksa Boot Hard Disk (Primary master ) . Selanjutnya kita perlu membuat hard disk baru untuk menginstal mikrotik.

6. pilihan Virtual Disk Wizard akan muncul. Pilih Dynamically expanding storage untuk Type Storage (dipilih secara default).

7. Karena Mikrotik adalah perangkat lunak sangat kecil, 512 MB lebih dari cukup untuk Anda. Lalu klik Finish.

8. Langkah berikutnya adalah menggunakan file iso yang telah di download untuk boot. Untuk melakukan ini, klik Setting > CD/DVD-ROM. Pastikan Mount CD / DVD Drive dan pilih ISO Image File kemudian arahkan ke file iso mikrotik. Pastikan dalam kategori System, yang pertama Boot Order menggunakan CD / DVD-ROM, kemudian klik OK.

9. Sekarang adalah waktu untuk mulai boot dari ISO Image File. Pastikan bahwa mesin virtual Mikrotik  dipilih dan kemudian klik ‘start’.

10. Mikrotik akan boot dan mendeteksi semua perangkat,  jika berhasil booting maka akan muncul “Welcome to MikroTik Router Software Installation” dan Anda siap untuk menginstal software dalam MikroTik Router OS yang Anda butuhkan

referensi : http://www.techonia.com/install-mikrotik-virtualbox

Advertisements
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: